Ada banyak jenis timbangan yang bisa anda pilih, baik mekanik maupun digital. Jenis yang paling banyak diminta adalah timbangan jenis gantung atau disebut juga timbangan derek. Berbeda dengan jenis timbangan lainnya, timbangan gantung tidak menggunakan platform sebagai tempat meletakkan benda yang ditimbang.

Karena seperti namanya, cara menimbang dengan timbangan ini adalah dengan menggantungkan barang yang akan ditimbang di timbangan.

Keuntungan dari timbangan gantung

Jenis timbangan ini mungkin sering Anda lihat untuk menimbang ikan dan hasil laut lainnya. Alasannya sederhana, untuk menghindari air laut merusak timbangan, maka ikannya digantung. Jika Anda menggunakan timbangan besi biasa untuk waktu yang lama, korosi dapat terjadi yang dapat merusak timbangan.

Anda mungkin bisa menggunakan timbangan berbahan stainless steel, namun harganya biasanya jauh lebih mahal dari timbangan duduk biasa.

Di sinilah letak kelebihan timbangan gantung, karena tidak menggunakan platform untuk barang yang ditimbang; dengan demikian beban yang ditimbang tidak bersentuhan langsung dengan badan timbangan. Timbangan akan terlindung dari korosi jika digunakan di lingkungan yang berhubungan dengan air laut. Sehingga timbangan akan lebih awet digunakan.

Tidak hanya itu, kapasitas beban yang ditawarkan oleh timbangan gantung bervariasi dari kapasitas kecil hingga besar, yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan tentunya. Timbangan gantung jenis ini juga menggunakan casing dari bahan yang berbeda, namun di pasaran umumnya menggunakan stainless steel, aluminium, dan ada juga yang menggunakan plastik. Yang tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan selain spesifikasinya masing-masing.

Ada banyak toko online yang menjual timbangan gantung ini di internet. Anda bisa mencari website atau toko online yang menjual timbangan gantung ini dengan mudah jika anda menggunakan Google. Pastikan anda memilih timbangan yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Berbagai Jenis Timbangan Gantung Digital

Jadi jika Anda mencari timbangan dengan kapasitas sedang, tidak terlalu kecil namun tidak terlalu besar, timbangan DLE adalah pilihan yang tepat. Tersedia dalam tiga pilihan kapasitas mulai dari 75kg, 200kg dan 300kg. Pengait yang digunakan terbuat dari besi kuat yang mampu menahan beban berat hingga kapasitas maksimal. Bahkan untuk timbangan DLE dengan kapasitas 300 kg menggunakan hook atau pengait standar industri yang mampu menahan beban 1 ton.

Timbangan ini juga dilengkapi dengan lampu latar otomatis yang terang pada layar LCD 1 inci. Namun meski menggunakan backlight yang terang, meteran ini tetap hemat energi karena hanya menggunakan dua buah baterai AA.

Selain tipe DLE, ada juga timbangan gantung tipe MCS. Masih tergolong dalam kategori kapasitas sedang, namun pemilihan kapasitasnya lebih beragam mulai dari 100 kg hingga 1 ton. Keuntungan dari pengukur MCS adalah lebih stabil terhadap guncangan dan getaran yang membuatnya cocok untuk penggunaan kasar. Alat pengukur ini juga menggunakan pengait standar industri. Keunggulan lainnya adalah memori yang dapat menyimpan hingga 13 hasil penimbangan terakhir.

Jadi jika anda membutuhkan timbangan pengungkit dengan kapasitas yang besar maka tipe EAGLE adalah jawabannya. Pilihan kapasitas berkisar dari 1 hingga 30 ton. Dilindungi oleh casing aluminium die-cast tugas berat sehingga cocok untuk penggunaan segala medan.

Timbangan gantung digital ini juga dapat dilengkapi dengan indikator multifungsi nirkabel yang dapat dioperasikan hingga 200 meter dari meteran. Jadi dengan indikator ini anda tetap bisa mengoperasikan timbangan walaupun sulit untuk mendapatkan posisi timbangan.

Indikator ini menggunakan layar LCD backlit sehingga hasil penimbangan tetap dapat terbaca dengan jelas pada siang atau malam hari. Selain kemampuan untuk menampilkan hasil penimbangan, indikator ini juga dengan built-in printer yang mampu menyimpan hasil penimbangan hingga 2730 kali dan Anda dapat memanggilnya kembali melalui tombol REQ. Dengan indikator ini, Anda juga dapat mengatur tanggal dan waktu yang dapat ditampilkan pada hasil cetakan.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *