Istilah yasinan bisa dikatakan sudah cukup dikenal luas khususnya di nusantara ini. Bahkan, tak jarang istilah Yasinan yang berasal dari kata Yasin surat Al Quran disandingkan dengan kata Tahlilan. Yasinan bisa dibilang hampir sama dengan Tahlilan.

Secara tradisional, istilah Yasinan dan Tahlilan berkaitan erat dengan kematian. Yasinan biasanya dibacakan pada acara kematian, yang diawali dengan dzikir, surat Yasin dan kemudian doa yang diberikan kepada almarhum dan para pendahulunya di alam kubur. Di penghujung acara, disuguhkan sajian istimewa untuk para undangan. Lebih dari itu, para pembaca akan pulang ke rumah masing-masing dengan bekal nasi bungkus yang disebut berkah.

Tradisi

Ternyata tradisi Yasinan di masyarakat bukan omong kosong belaka. Ada dasar sejarah yang kuat. Rasulullah SAW dalam haditsnya yang dikutip dalam kitab Biharul Anwar, juz 82, hal. 63, bersabda, “Barangsiapa berziarah ke kuburan kaum muslimin dan membaca surat Yasin, maka Allah SWT akan mengurangi siksa kubur mereka.” Hadits Nabi (saw) ini menegaskan bahwa pembacaan surat Yasin berdampak positif bagi jenazah.

Selain itu, perhatian masyarakat terhadap surat Yasin sangat wajar. Surat Yasin pada dasarnya memiliki kedudukan yang istimewa dibandingkan surat-surat lainnya. Seperti dikutip dalam kitab tafsir Kasyaf karya Zamakshari, juz 4, hal 471, Rasulullah Saw bersabda, “Segala sesuatu punya hati, dan hati Al-Quran itu surat Yasin. ” Hadits yang sama juga disampaikan oleh Imam Jaafar As-Sadiq sa dalam kitab Biharul Anwar yang ditulis oleh Allamah Majlesi (1037-1110 Hijriah).

Imam Jaafar juga pernah menyatakan, “Ajarkan surat Yasin kepada anak-anakmu. Sesungguhnya surat Yasin adalah wewangian Alquran.” Jadi istilah Yasinan juga bisa bermaksud untuk mensosialisasikan surat tersebut kepada semua kalangan.

Biasanya untuk menunjang kelancaran acara yasinan, pihak keluarga akan membuat buku yasin. Buku yasin ini bisa anda buat di percetakan. Saat ini sudah ada banyak percetakan yang menawarakan jasa cetak buku yasin secara online. Anda bisa mencari percetakan mana saja yang menyediakan pencetakan buku yasin ini di Google.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *