Sudah sangat jelas bahwa listrik merupakan kebutuhan di dalam hidup kita setiap hari. Namun yang menjadi masalah adalah sebagian dari kita belum mendapatkan jaringan listrik.

Ada yang tinggal di daerah perkampungan yang masih sering mati lampu dan ada juga yang bahkan tinggal di daerah pedalaman yang belum terjangkau oleh layanan.PLN. Untuk mengatasi masalah ini terkadang masyarakat mencari solusinya sendiri seperti membeli genset. Namun genset bukanlah sesuatu yang mudah untuk digunakan terlebih di daerah pedalaman.

Genset ini kurang praktis karena harus memakan tempat di dalam ruangan ataupun di luar ruangan. Selain itu anda harus selalu bolak-balik untuk membeli bahan bakar yang bisa anda gunakan untuk menyalakan genset.

Di daerah pedalaman bukan hal yang mudah untuk bolak-balik hanya untuk membeli bahan bakar. Ini adalah masalah terbesar jika anda menggunakan genset. Namun ada masalah-masalah sampingan lainnya seperti suara bising yang dihasilkan oleh mesin genset.

Jika anda ingin menyalakan ac pada saat tidur siang, maka kemungkinan anda akan diganggu oleh bunyi dari mesin genset. Tentu anda bisa mencoba untuk membeli genset yang type silent. Hanya saja ini harganya lebih mahal.

Selain itu genset juga terbuat dari cukup banyak komponen yang bergerak sehingga lambat laun akan arus dan anda harus melakukan penggantian untuk bisa membuat genset anda terus bekerja. Bukan hal yang mudah untuk menemukan suku cadang pengganti bagi genset anda jika anda tinggal di daerah pedalaman.

Hal inilah yang membuat ada banyak orang lebih menyukai penggunaan solar cell. Solar cell ini tentu saja tidak menghasilkan kebisingan apapun. Karena semua komponennya adalah komponen yang statis. Solar cell juga tidak memakan tempat di dalam rumah ataupun di halaman karena kita bisa menaruhnya di atas atap rumah.

Kedua hal ini sangat penting untuk kenyamanan kita dalam menggunakan solar cell ini. Namun bagian yang paling menyenangkan dari menggunakan solar cell adalah sumber energinya berasal dari matahari. Jadi selama matahari masih melintas di atas langit anda tidak akan memerlukan sumber energi yang lain.

Anda tidak perlu berkendara ke daerah perkotaan terdekat hanya untuk membeli bahan bakar. Selain itu panel tenaga surya tidak mempunyai komponen yang bergerak sehingga akan bebas perawatan selama bertahun-tahun.

Satu-satunya hal yang perlu anda lakukan untuk memastikan fungsi dari solar cell ini hanyalah membersihkannya setiap enam bulan sekali. Hal-hal inilah yang membuat solar cell menjadi pilihan yang sangat diminati oleh banyak orang.

Sayangnya banyak orang yang urung untuk menggunakan solar cell karena merasa solar cell terlalu mahal. Genset terlihat lebih masuk akal karena harganya hanya di kisaran 2 juta hingga Rp5.000.000.

Berbeda dengan solar cell yang untuk menghasilkan listrik 2000 watt anda mungkin harus mengeluarkan biaya  hingga puluhan juta. Tentu solar cell ini akan lebih menguntungkan secara ekonomi jika digunakan dalam jangka waktu yang panjang.

Solar cell sendiri bisa bertahan sekitar 25 tahun. Namun harga panel tenaga surya yang harus dibayar diawal sering membuat orang berpikir untuk menggunakan sumber energi yang satu ini.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *