Apa yang dimaksud dengan anggaran? Anggaran adalah rencana untuk setiap rupiah yang Anda miliki. Dengan memiliki anggaran bulanan, kehidupan anda dapat menjadi lebih tenang dan lebih sedikit stres. Berikut adalah cara membuat anggaran bulanan:

  • Hitung pendapatan bulanan Anda, pilih metode anggaran, dan pantau kemajuan Anda.
  • Coba aturan 50/30/20 sebagai kerangka anggaran sederhana. Biarkan 50% dari penghasilan Anda untuk memenuhi kebutuhan. Tinggalkan 30% dari penghasilan Anda untuk keinginan dan gunakan 20% dari pendapatan Anda untuk menabung dan membayar hutang.

Mari kita mencoba memahami proses penganggaran dengan lebih mendalam lagi.

  1. Ketahui penghasilan Anda dan jumlah potongan setiap bulannya – Jika anda memiliki gaji tetap setiap bulannya maka anda harus mengetahui apa saja yang memotong pendapatan anda secara otomatis setiap bulanannya, seperti tabungan, asuransi kesehatan dan jiwa. Dengan demikian anda akan memiliki gambaran yang sebenarnya tentang pengeluaran tabungan Anda. Jika Anda memiliki jenis pendapatan dari bidang bisnis, maka anda juga harus mengetahui pendapatan bersih anda setelah mengurangi omzet anda dengan pajak dan modal bisnis yang telah anda keluarkan.
  2. Pilih rencana anggaran – Apa cara mengatur uang bulanan yang anda pilih pastikan anggaran tersebut telah mencakup kebutuhan Anda, beberapa keinginan Anda, dan juga tabungan untuk persiapan masa depan atau pun untuk keadaan darurat.
  3. Lacak pengeluaran anda – Catat semua pengeluaran Anda. Anda dapat mencatatnya secara manual atau pun menggunakan aplikasi yang dapat membantu anda membuat catatan keuangan anda. Saat ini telah banyak aplikasi yang dapat membantu anda mempermudah proses pencatatan ini.
  4. Otomatiskan tabungan Anda – Saat ini bank-bank dan berbagai asuransi telah menyediakan fitur pemotongan otomatis yang akan memotong saldo rekening anda secara otomatis setiap bulannya dan memasukkannya ke rekening yang secara khusus ditujukan sebagai simpanan anda. Otomatiskan sebanyak mungkin yang dapat anda simpan agar anda tidak mudah tergoda untuk menggunakan anggaran yang anda tetapkan sebagai simpanan untuk kebutuhan lainnya.
  5. Pertimbangkan kembali anggaran Anda sesuai kebutuhan – Penghasilan, pengeluaran, dan prioritas Anda akan berubah seiring waktu. Jadi anda dapat menyesuaikan anggaran Anda dari waktu ke waktu.

 

Pembagian anggaran 50/30/20 merupakan jenis pembagian yang sangat populer. Di dalamnya, Anda menghabiskan kira-kira 50% dari penghasilan anda untuk kebutuhan sehari-hari, tidak lebih dari 30% untuk membeli barang-barang sekunder dan tersier yang anda inginkan, dan setidaknya 20% untuk tabungan dan pembayaran kembali hutang anda. Meskipun anggaran keuangan ini terkesan sederhana, namun dalam jangka panjang, orang yang mengikuti pedoman ini dapat membayar hutangnya dengan baik dan tetap memiliki ruang untuk memanjakan diri dan pensiun dengan nyaman.

Kiriman serupa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *