Harga Batu Pondasi untuk Rumah

Harga Batu Pondasi untuk Rumah

Tak perlu dipertanyakan lagi, harga material bangunan jelas merupakan faktor penting yang harus dipertimbangkan ketika Anda akan membangun rumah. Di satu sisi, Anda pun perlu mempertimbangkan segi kualitas materialnya juga. Hal yang sama pun berlaku dalam hal pemilihan batu pondasi sebagai dasar atau landasan bangunan rumah Anda.

Di pasaran, Anda akan menemukan beragam pilihan jenis batu untuk pondasi rumah, seperti batu kali belah, batu split, dan beragam batu alam lainnya, misal batu Garut, batu Alor, batu Kupang, batu Pancawarna, dan lainnya. Meski demikian, jenis batu untuk pondasi rumah sebenarnya secara umum bisa dikategorikan ke dalam tiga jenis: batu bulat, batu belah, dan batu karang.

Batu bulat bisa jadi merupakan batu kali atau batu gunung, yang bentuknya sudah jelas tercantum dalam namanya: bulat. Meskipun banyak ditemukan dan digunakan, jenis batu yang satu ini cenderung tidak mampu saling mencengkeram antara satu batu dengan batu lain saat dipasang sebagai pondasi.

Kemudian, ada batu belah yang juga banyak ditemukan di kawasan gunung yang masih aktif, perbukitan, atau bahkan aliran sungai. Banyak yang menyukai batu yang berasal dari batu bulat yang kemudian dipecah atau dibelah menjadi bungkana batu yang lebih kecil ini. Salah satunya adalah lebar yang bisa disesuaikan agar rapi serta pembagian porsi beban untuk pondasi yang lebih optimal.

Untuk batu karang, jenis ini biasanya ditemukan di kawasan pantai atau laut. Ketangguhan, kepadatan, dan kekuatannya pun membuat batu karang populer digunakan sebagai pondasi rumah.

Sedangkan untuk harga batu pondasi untuk rumah sendiri, angkanya jelas bervariasi berdasarkan jenis batu yang Anda pilih. Di samping itu, satuan pembelian tidak selalu dihitung berdasarkan per buah. Untuk harga batu pondasi per buah, biasanya berlaku untuk batako (kisaran Rp3.500 per buah) atau batu bata merah, baik itu yang biasa (sekitar Rp850 per buah) atau oven (sekitar Rp900 per buah).

Kemudian, ada yang harganya dipatok dengan satuan per meter kubik (m3), seperti batu kali belah (sekitar Rp185.000 per m3), batu candi (sekitar Rp120.000 per m3), batu andesit (sekitar Rp160.000 per m3), dan batu Garut (kisaran Rp85.000 per m3), karena wujud batunya yang memang dalam bentuk potongan, sehingga mudah dihitung berdasarkan satuan tersebut.

Di samping itu, ada juga harga batu pondasi untuk rumah yang satuannya per pick up, truk, atau kilogram tertentu, seperti per 10 kg, 15 kg, 25 kg, atau 50 kg. Contohnya batu belah yang harganya berkisar di angka Rp260.000 per pick up, atau Rp1.260.000 per truk.

Tinggalkan komentar