Ada banyak sekali orang yang bingung apa yang dimaksud dengan sertifikat ISO. Sertifikat ISO sebenarnya adalah sebuah sertifikat yang dibuat oleh sebuah lembaga internasional untuk memberikan jaminan mutu dan kualitas atas terhadap suatu produk atau jasa. Perusahaan-perusahaan yang bisa mendapatkan sertifikat ISO ini biasanya akan lebih mudah diterima produknya oleh masyarakat.

Tentunya ini akan sangat menguntungkan bagi perusahaan-perusahaan yang ingin melakukan penetrasi pemasaran ke pasar yang baru. Oleh karena market akan lebih mudah menerima produk mereka. Inilah yang membuat ada banyak sekali perusahaan yang ingin mendapatkan sertifikasi untuk produk ataupun jasa mereka. Hanya saja untuk mendapatkan sertifikat ini bukanlah proses yang mudah.

Akan ada biaya untuk proses sertifikasi tersebut. Selain itu urusan anda mungkin akan mendapatkan rekomendasi perbaikan di mana perbaikannya akan memerlukan biaya yang tidak sedikit. Mungkin ada mesin baru yang harus anda beli atau mungkin ada pertambahan pegawai yang harus anda lakukan. Jadi pada saat anda ingin mengurus sertifikat ISO pastikan anda sudah siap untuk hal-hal yang seperti ini.

Bagi anda yang tetap ingin mengurus sertifikat ISO maka anda bisa mengajukan permohonan anda ke lembaga sertifikasi ISO. Lembaga sertifikasi ini akan mengarahkan audit di perusahaan anda untuk menentukan apakah perusahaan anda bisa mendapatkan sertifikat ISO atau tidak. Lembaga sertifikasi selain sudah mendapatkan kewenangan dari badan internasional untuk menerbitkan sertifikat ISO diberbagai industri yang berbeda.

Sertifikat-sertifikat ISO yang diterbitkan ini haruslah memenuhi standar standar yang ditentukan. Oleh karena itu perusahaan anda akan melalui dua tahapan pemeriksaan. Tahapan pertama adalah tahapan dokumentasi dimana tim audit akan mendokumentasikan proses-proses apa saja yang dilakukan di perusahaan anda saat ini. Jika ditemukan bahwa perusahaan anda belum memenuhi standar, maka akan diberikan rekomendasi rekomendasi perbaikan untuk perusahaan anda.

Pesan anda akan mendapatkan masa waktu untuk melakukan rekomendasi-rekomendasi ini. Setelah masa waktu ini berakhir maka perusahaan anda akan mendapatkan audit implementasi. Audit implementasi adalah sebuah sistem penilaian untuk melihat apakah anda sudah melakukan prosedur prosedur yang direkomendasikan dengan benar dan konsisten.

Jika perusahaan anda sudah melakukan prosedur prosedur yang direkomendasikan, maka urusan anda akan mendapatkan sertifikat ISO tersebut. Anda bisa mengumkan sertifikat ISO anda di iklan-iklan atau font media promosi lainnya yang anda gunakan untuk memperkenalkan produk anda. Akan membuat produk produk dan layanan jasa anda menjadi lebih mudah diterima oleh market di industri anda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *