Pengertian Qodo Dan Qodar Yang Perlu Anda Ketahui

Pengertian Qodo Dan Qodar Yang Perlu Anda Ketahui

Pengertian Qodo Dan Qodar Yang Perlu Anda Ketahui – Di dalam kehidupan manusia pastinya ada sebuah ketetapan, hukum dan aturan. Ketetapan aturan lain sebagainya itu pastinya sudah diatur oleh sang Maha Kuasa yaitu Allah Azza Wa Jalla. Semua itu sudah di atur sejak zaman azali tentang segala sesuatu yang ada di muka bumi ini, baik itu sesuatu yang baik atau buruk, hidup mati seseorang dan lain sebagainya, disini saya akan membahas mengenai pengertian qada dan qadar yang mungkin anda belum ketahui, silahkkan simak penjelasannya di bawah ini.

Penjelasan mengenai qada dan qadar
Penjelasan mengenai qada dan qadar

Pengertian Qada dan Qadar

Menurut bahasa pengertian Qada mempunyai beberapa arti seperti hukum, ketetapan, perintah, kehendak, pemberitahuan dan penciptaan. Sedangkan menurut istilah pengertian Qada ialah ketentuan dan ketetapan Allah SWT dari sejak zaman azali atas segala sesuatu yang berkaitan dengan iradah atau kehendak-Nya, baik itu kebaikan dan keburukan, hidup dan mati, dan lain sebagainya.

Sedangkan Qadar menurut bahasa adalah kepastian, peraturan dan ukuran. Menurut istilah Qadar ialah suatu perwujudan ketetapan (qada) terhadap segala sesuatu yang berkaitan dengan makhluk-Nya yang sudah ada sejak zaman Azali dan pastinya sesuai dengan iradah-Nya.

Qodar disebut juga takdir Allah SWT yang berlaku untuk semua makhluk hidup, baik yang telah, sedang, maupun yang akan terjadi.

Pengertian Iman Kepada Qada dan Qadar

Beriman kepada Qada dan Qadar ialah menyakini dengan sepenuh hati bahwa adanya ketentuan Allah SWT yang berlaku untuk semua makhluk hidup yang ada di muka bumi ini. Semua itu menjadi bukti kebesaran serta kekuasaan Allah SWT. Dan segala sesuatu yang ada terjadi di dunia ini sudah di tetapkan oleh Allah SWT. Kita sebagai makhluk-Nya harus menyakini dengan sepenuh hati bahwa semua ini adalah bukti tanda kebesaran Allah SWT.

Macam Macam Takdir

Qada dan qadar sering juga di istilahkan dengan takdir Allah SWT. Jika kita membahas tentang takdir Allah dengan sendirinya berarti kita membahas tentang qada dan qadar. Demikian juga sebaliknya, pada saat membahas masalah takdir berarti membahas tentang qada dan qadarnya Allah Swt.

Takdir menurut bahasa berarti ketetapan. Ada yang mengartikan takdir adalah meyakini adanya ketetapan Allah yang berlaku terhadap segala makhluk-Nya, baik ketentuan yang telah, sedang, maupun yang akan terjadi. Dengan demikian, dapat di pahami bahwa takdir berarti hasil perpaduan dari ketetapan, baik dalam qada maupun qadar Allah.

Sementara ini ada juga yang memahami takdir sekadar sebagai penyebab segala sesuatu sehingga seakan-akan takdir di pahami secara negatif. Seperti ungkapan, ”Sudahlah takdirnya kita bodoh, memang takdirnya kita tidak akan bisa bermain bagus,” dan beberapa ungkapan negatif yang lain.

Pada dasarnya ada takdir yang mutlak berada dalam kuasanya Allah SWT. Dan tidak bisa dielakkan. Ada juga ketentuan Allah yang bisa berubah melalui usaha atau ikhtiar makhluk dengan izin-Nya. Dengan demikian, takdir secara garis besar bisa di bagi menjadi dua macam yaitu taqdir muallaq dan takdir mubram.

Takdir Mua’llaq

Takdir mua’llaq ialah takdir yang erat kaitannya dengan ikhtiar manusia. Sebagai contohnya ada seorang siswa yang ingin bercita-cita menjadi insinyur pertanian. Untuk mencapai cita-citanya itu ia belajar dengan tekun. Akhirnya apa yang ia cita-citakan menjadi kenyataan. Ia menjadi seorang insyinyur pertanian.

Takdir Mubram

Takdir mubram adalah takdir yang terjadi pada diri manusia dan tidak dapat diushakan atau tidak dapat di tawar-tawar oleh manusia. Contohnya ada manusia yang di lahirkan dengan mata sipit, atau di lahirkan dengan kulit hitam sedangkan ibu dan bapaknya berkulit putih dan lainnya.

Demikianlah pengertian Pengertian Qodo Dan Qodar Menurut Islam. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan ilmu kalian semua.

Tinggalkan komentar